UPT Pelatihan Kerja Wonojati Malang, Siapkan Pelatihan CPMI Ke Taiwan

Malang, 86online.net –  Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Kerja (eks.Balai Latihan Kerja/BLK) Wonojati Malang – Disnakertrans. Provinsi Jatim menyiapkan pelatihan bagi 40 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI)  asal Jawa Timur yang disiapkan untuk bekerja di negara Taiwan.

Kepala UPT. Pelatihan Kerja, Nur Fadhil mengatakan, pihaknya siap melaksanakan penyelenggaraan pelatihan CPMI,  sesuai kesepakatan kerjasama antara Kementerian Tenaga Kerja dengan Tahir Foundation (TF) yang telah ditandatangani antara Menaker.R.I. Hamif Dzskiri dan Dato Sri Tahir selaku owner TF dan menunjuk Provinsi Jawa Timur dan Jateng sebagai pilot project peningkatan kompetensi sampai penempatan CPMI di luar negeri.

Kontribusi TF yaitu menanggung biaya berupa pelatihan, sertifikasi dan fasilitasi penempatan di Taiwan. Ke 40 CPMI ini dilatih untuk menduduki jabatan caregiver (pendamping atau perawat bagi lanjut usia). Pelatihan ini selama dua bulan atau 600 jam pelajaran. “Kami siap melakukan pelatihan sesuai dengan nota kesepakatan” kata Nur Fadhil, Selasa (9/10).

Untuk rekrutmen dan seleksi CPMI dalam program pilot project ini, dilakukan oleh Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P3TKI) Disnakertrans.Prov.Jatim. Kepala UPT.P3TKI., Budi Raharjo menjelaskan, perekrutan dan seleksi untuk CPMI ini dilakukan di 15 Kabupaten, tercatat sebagai daerah kantong pekerja migran di Jatim, yaitu Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Blitar, Malang, Jember, Banyuwangi, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Gresik dan Lamongan. Di daerah tersebut juga termasuk dalam program Desa Migran Produktif (Desmigratif) yang dibina oleh Kementerian Tenaga Kerja R.I.

Dalam rekrutmen dan seleksi calon pekerja migran ini dilakukan oleh petugas Desmigratif bekerja sama dengan pemerintah desa dan kabupaten. “Sesuai permintaan dari Pak Kadisnakertrans kepada Menteri Tenaga Kerja, harapannya jatah 40 CPMI ini bisa ditambah dalam program selanjutnya untuk Jatim” terang Budi mengutip Kadisnakertrans.Prov.Jatim., DR. Himawan Estu Bagijo pada saat teleconference dengan Menteri Tenaga Kerja, beberapa hari yang lalu.

Penulis : Imam Bukhori/kominfo

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
%d blogger menyukai ini:
Comodo SSL