Tim ODF Dinas Kesehatan Bersama Pemdes Bajang Lakukan Verifikasi Dan Tinjau Langsung Rumah Warga

Ponorogo, 86online.net – Tim Open Defacation Free (ODF) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo bersama Pemerintah Desa Bajang, Kecamatan Mlarak menyambangi sejumlah rumah-rumah milik warga setempat, Selasa (9/10).

Kepala Desa Bajang, Sri Nuryati saat dikonfrimasi mengatakan bahwa tim ODF dari Dinas Kesehatan tersebut melakukan verifikasi dan meninjau langsung kondisi dengan mendatangi rumah-rumah warga masyarakat yang masih baung air besar sembarang.

“Dari hasil tinjauan dan verifikasi yang dilakukan oleh petugas tim ODF dari Dinas Kesehatan Ponorogo, menyatakan bahwa tidak ada warga masyarakat Desa Bajang sini yang buang air besar sembarangan. Hanya ada dua rumah milik warga masyrakat yang kondisi untuk Mandi, Cuci Kakus (MCK) yang tidak ada jamban, langsung ke sungai, namun kondisinya baik dan bersih, “kata Sri Nuryati.

Sri Nuryati menambahkan, selain melaukan verifikasi dan peninjauan langsung, tim ODF bersama petugas dari pemmerintah Desa Bajang juga melakuakn arahan dan edukasi kepada warga masyarakat untuk tidak bauang air besar sembarangan di sungai, sebab dapat memicu penyebaran penyakit dan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan sekitar.

“Alhamdulillah warga masyarakat Desa Bajang telah memiliki kesadaran untuk tidak buang air besar sembarangan dan kemauan merubah perilaku pola hidup sehat dengan membangun jambun di rumahnya masing-masing. Dan untuk warga masyarakat yang tidak memiliki jamban, nnati pemdes Bajang akan mencarikan progam untuk membuatkan jamban. Dan berharap dengan kesadaran dan perilaku pola hidup yang sehat akan menjadi kebiasaan, tetap dipertahankan sehingga kondisi warga masyarakat, baik keluarga dan lingkungan sekitarnya juga sehat, “pungkasnya.

Penulis : Syamsul Huda

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
%d blogger menyukai ini:
Comodo SSL